Rabu, 01 Februari 2017

Microsoft Sidewinder X6

Keyboard yang nyaman dan enak dipakai akan menunjang kegiatan berkomputer kita sebagai pengguna. Bermain game pun dapat bertambah nyaman dengan penggunaan keyboard yang tepat. Nah, produk dari Microsoft yang akan kami ulas kali ini, Sidewinder X6, ditujukan untuk keperluan tersebut. Beragam fungsi yang dimilikinya dapat menambah keasyikan bermain Anda.
Sidewinder X6
Dahulu, nama “Sidewinder” dikenal sebagai brand Joystick produksi Microsoft yang pertama kali muncul tahun 1996. Waktu itu, perangkat tersebut memang menjadi salah satu alat yang wajib dimiliki oleh pemain game komputer, dan joystick bikinan  Microsoft cukup dikenal karena kualitasnya yang baik. Pada perkembangannya kemudian, popularitas joystick merosot dan merk Sidewinder seolah tenggelam. Belakangan, Sidewinder kembali muncul. Kali ini bukan sebagai joystick, melainkan mouse dan keyboard.

Nama Sidewinder sudah kadung identik dengan dunia game. Karenamya, produk keyboard ini pun ditujukan untuk target pasar yang sama, yaitu para gamer komputer. Tentu saja, desain keseluruhan pun disesuaikan agar cocok dengan selera dan kebiasaan calon penggunanya itu.

Microsoft melabur keseluruhan tubuh keyboard Sidewinder X6 dengan warna hitam, dengan kontur permukaan yang lurus dan tegas sehingga memberi kesan futuristik, high-tech sekaligus garang. Bagian tombol memiliki permukaan glossy yang megkilap. Lampu backlight berwarna merah dapat dinyalakan untuk menerangi tombol. Selain  menambah kemudahan penggunaan, hal tersebut juga membuatnya tampak semakin sangar.
Selain dua kenop, terdapat pula beberapa tombol tambahan lain yang bisa memudahkan kegiatan bermain game penggunanya. Di sebelah kiri atas terdapat tombol quick launch yang akan membuka folder “games” di Windows Vista/ 7, atau menjalankan software IntelliType (tersedia dalam CD) di Windows XP.

Di sebelahnya, dengan lambang mirip orang berlari, adalah tombol “cruise control” yang bisa menggantikan tombol yang harus terus menerus ditekan di dalam game untuk melakukan sesuatu. Sebagai contoh, bila Anda biasanya harus menahan “shift” untuk berlari di sebuah game FPS, maka Anda dapat melakukan hal serupa dengan menekan tombol ini sekali saja tanpa harus menahannya. Untuk melakukan assignment, cukup tekan tombol ini diikuti dengan tombol yang ingin digantikan.

Kesimpulan
Tombol-tombol praktis yang dimilikinya membuat kegiatan bermain menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Sebagai tambahan, bagian numpad dapat dicopot sehingga mengecilkan dimensi keseluruhan. Sidewinder X6 sendiri sebenarnya bukan barang baru karena sudah beredar sejak akhir tahun 2008, tapi sampai sekarangpun ia masih layak dibeli.

Kelebihan
  • praktis,  dilengkapi tombol-tombol shortcut
  • 30 tombol programmable memudahkan input macro
  • bagian numpad dapat dibongkar pasang dengan mudah

Kekurangan
  • Kurang nyaman dipakai mengetik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar