Minggu, 29 Januari 2017

Review Viper V760

Keyboard mekanik memiliki kelebihan yang cukup besar bila dibandingkan dengan saudaranya yang masih menggunakan landasan karet, alias keyboard secara umumnya. Penggunaan switch yang didedikasikan untuk mengaktifkan setiap tombol di dalam keyboard, yang jumlah tombolnya mencapai lebih dari 100 buah, tentunya terdengar absurd bagi pengguna biasa. Namun, tidak demikian dengan gamer. Bagi gamer, saklar individual untuk setiap tombol diartikan sebagai semakin meningkatnya respons waktu antara menekan tombol dan perintah tersebut dijalankan di dalam game.
Namun, pada prakteknya keyboard mekanik tidak semuanya sama. Keyboard tersebut dipisahkan oleh beragam jenis saklarnya, dan dibagi sesuai dengan tekanan atau feedback saklar ketika ditekan. Rasanya tidak ada jenis saklar yang paling ideal untuk bermain game, karena setiap gamer memiliki preferensi berbeda mengenai jenis saklar yang disukainya. Bila Anda menyukai saklar Brown yang kasarnya berada antara Black yang berat dan Red yang ringan, maka Viper V760 bisa menjadi teman baru Anda ketika bermain.

Bermodalkan saklar mekanik Brown, Viper V760 memberikan tekanan yang wajar, alias bisa digunakan untuk bermain game atau untuk menulis. Saklar yang digunakannya bukan Cherry, saklar yang sangat sering dijumpai pada keyboard mekanik, melainkan Kailh. Kesan yang diberikan oleh pabrikan Kailh tentu saja berbeda dengan Cherry. Berkat penggunaan saklar Kailh tersebut, harga dari Viper V760 menjadi cukup terjangkau, yaitu sekitar $110. Untuk keyboard mekanik dengan 100 lebih saklar mekanik plus cahaya dengan spektrum besar, harga tersebut cukup masuk akal.

Beralih dari saklarnya, Viper V760 memiliki desain yang kokoh. Bukan hanya dari bentuknya saja, tetapi ia memang menggunakan bahan yang kuat. Selain itu, keyboard ini juga memiliki dukungan program driver yang cukup multiguna. Untuk menggunakan drivernya, cukup download dari website resminya (www.patriotmemory.com) dan beragam fitur tambahan dapat Anda gunakan. Seperti yang mungkin bisa Anda tebak sendiri dari website tersebut, Viper V760 adalah lini keyboard gaming dari pabrikan memory Patriot.

Tampilan luar yang dipancarkan oleh Viper V760 adalah kekuatan. Bermodalkan garis yang tegas dan bahan metalik, keyboard ini memberikan kesan yang jelas dalam kekokohannya. Bukan hanya kesan saja, bahan untuk membangun keyboard ini memang benar-benar kuat. Sebab, permukaan luarnya dilapisi oleh alumunium kaliber pesawat. Jadi, keawetan keyboard ini ketika melawan benturan yang tentunya tidak disengaja akan sangat tinggi.
Kekurangan software ini adalah antarmuka yang terlalu sederhana dan kurang interaktif. Untuk sebagian gamer, antarmuka ini mungkin justru memudahkan mereka dalam mengatur profil, tetapi itu juga setelah beradaptasi dalam waktu yang tidak sebentar.

Dengan harga sekitar Rp1,5 juta, Viper V760 adalah keyboard gaming mekanik yang kurang kompetitif. Pasalnya, ada produk pesaing dengan kualitas yang fitur sama, bahkan bisa lebih baik, yang dipatok dengan selisih harga Rp300 ribu lebih murah. Viper harus bisa menyediakan konsep yang lebih menarik atau tampil beda, seandainya mereka ingin menyita perhatian gamer Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar